Pemanfaatan Multimedia
Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama
masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia
mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang
menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik,
dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat
yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam
bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini
dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan,
tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Multimedia
di Rumah Tangga
Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke
rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC).
Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki komputer yang
sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan alat
sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I Player atau Panasonic
3DD Player.
Alat-alat
permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk
kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang
mengizinkan multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan
penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game
elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran
multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat
kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.
Hubungan Multimedia dengan Efektifitas
dan Efisiensi Pesan
Diatas telah
dijelaskan multimedia dibuat untuk menyampaikan pesan. Nah, pesan yang harus
didapatkan oleh user haruslah mempunyai prinsip efektifitas
dan efisiensi. Efektifitas dan efisiensi, keduanya merupakan prinsip yang
dipakai dalam menjalankan misi penyampaian pesan dari multimedia kepada user.
·
Efektifitas
Multimedia yang digunakan user memberikan
efek, pengaruh, dan kesan terhadap aplikasinya. Sehingga dengan menggunakan
multimedia, user berhasil dalam menjalankan usaha atau
tugasnya. Kemudahan itulah yang diinginkan user dalam
menggunakan multimedia. Itulah prinsip efektifitas pesan dalam multimedia.
·
Efisiensi
Multimedia haruslah tepat guna dalam
pemakaiannya sesuai waktu yang telah ditentukan user dalam
penggunaannya. Sehingga tidak ada keborosan baik dalam hal tenaga, alat,
pikiran dan lain-lain. Begitulah prinsip efisiensi pesan pada multimedia
Multimedia yang
gabungan dari beberapa media dan didukung prinsip efektifitas dan efisiensi
pesan dalam aplikasinya, menjanjikan sebuah konvergensi dalam bidang Teknologi
Informasi (TI) yang semakin berkembang. Hubungan inilah yang diinginkan oleh
multimedia bahwa multimedia berupa aplikasi atau produk dapat membantu user untuk
menjalankan aktivitas userdi rumah atau di kantor.
Referensi :
http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar