Multimedia Dalam Pendidikan
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling
membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa
dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya.
Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam
aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari,
kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan
gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat
dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain
karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Multimedia di Tempat Umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat
tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone
terminal dan kios k akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna memberikan
informasi. Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi
tradisional dan personilnya. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan
saat tengah malam, dimana tenaga konvensional tidak tersedia.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel.
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel.
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Multimedia Dalam Bisnis
Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis
mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk, database
catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Confrence dalam waktu
dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area
Network).
Presentasi pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian atasannya.
Presentasi pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian atasannya.
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi
lebih hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin
tanpa harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi para pembajak
melalui suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat mendemonstrasikan produk
perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya, tetapi tetap memberikan
gambaran yang sama hebatnya.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Ada banyak manfaat yang dapat dipetik
baik oleh lembaga pendidikan, siswa dan masyarakat pada umumnya. Adapun rincian
manfaat e-Education adalah sebagai berikut:
Bagi Lembaga Pendidikan:
Bagi Lembaga Pendidikan:
1.
Memperpendek jarak. Lembaga pendidikan
dapat lebih mendekatkan diri dengan siswa di mana jarak secara fisik dapat
diatasi hanya dengan mengklik situsnya. Sementara itu birokrasi antara pendidik
dan mahasiswa dapat dipersingkat, dimana siswa dapat langsung mengirimkan
pesan dan melakukan konsultasi langsung melalui e-mail.
2.
Perluasan Jangkauan peserta didik dapat
menjadi luas dibandingkan dengan sistem pendidikan tradisional yang
"dibatasi" oleh lokasi.
3.
Perluasan jaringan mitra kerja. Lembaga
pendidikan dapat juga melakukan perluasan jaringan mitra kerja. Secara tradisional
sangat sulit bagi sebuah lembaga pendidikan untuk membangun berkomunikasi
dengan lembaga atau perusahaan di luar kota atau bahkan di luar negeri. Namun
melalui pembuatan situs lembaga maka kontak itu dapat dilakukan secara mudah,
cepat dan murah.
4.
Lembaga pendidikan tidak perlu hadir
secara fisik di berbagai kota dan penjuru dunia, namun dapat melakukan proses
pendidikan di berbagai lokasi. Di samping itu, perkuliahan tidak memerlukan
biaya pembangunan fisik, dan pengaturan jadwal kelas yang sangat membebani
pejabat jurusan dan universitas. Melalui sistem ini biaya komunikasi juga
dapat ditekan serendah mungkin.
5.
Melalui pola paperless di mana
distribusi materi pendidikan, jawaban tes dapat dilakukan secara elektronik,
sehingga akan menghemat dari segi waktu untuk mengintegrasikan dengan database
yang ada di komputer pusat dan waktu pengiriman, maupun biaya kertas dan
perangko.
6.
Manfaat lainnya antara lain meningkatkan
citra lembaga, meningkatkan layanan pendidikan, menyederhanakan proses,
meningkatkan produktivitas, mempermudah akses informasi, mengurangi biaya
transportasi dan meningkatkan fleksibilitas.
Bagi Siswa:
1.
Siswa dapat mengikuti proses pendidikan
setiap dengan akurat, cepat, interaktif dan murah.
2.
Fleksibel. Siswa dapat mengikuti proses
pendidikan dari berbagai tempat dengan berbagai kondisi, seperti dari rumah,
tempat peristirahatan, warnet atau tempat-tempat lainnya. Siswa juga tidak
perlu mengkondisikan dirinya untuk berpakaian dan berpenampilan rapi
sebagaimana pada pendidikan tradisional.
Bagi Masyarakat pada Umumnya:
1.
Lahimya era e-Education membuka peluang
kerja baru dengan pola kerja dan permodalan yang baru. Oleh karena e-Education
tidak akan menggantikan sepenuhnya sistem sekolah tradisional, maka era ini memberi
harapan bagi ketersediaan lapangan kerja baru.
2.
e-Education akan menjadi wahana
kompetisi antarlembaga pendidikaii yang mengglobal sehingga masyarakat dapat
menikmati matcri lxmdidikan berkualitas standar dengan harga kompetitif.
Bagi Dunia Akademis:
1.
Lahimya era e-Education memberi
tantangan baru bagi dunia akademis untuk mempersiapkan SDM yang memahami dan
menguasai bidang tersebut.
2.
Para peneliti ditantang untuk melakukan
analisis terhadap pergeseran pola belajar, proses pendidikan dan pembayaran
sistem kredit semester dalam usaha menemukan kesepahaman baru dan pengembangan
tcori clur konsep baru.
3.
Sistem e-Education memungkinkan dilakukannya
akses materi pendidikan dari jarak jauh. Dari perkembangan itu, dunia akademis
ditantang untuk menemukan pola pendidikan jarak jauh yang bemutu.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar